pesona danau di bedugul bannerfans_36599691

Sabtu, 09 Juni 2012

pesona danau di bedugul


 
Menyebut Bali sebagai tempat wisata, banyak yang menempatkan Pantai Kuta sebagai tempat paling tak terlupakan untuk berenang, berselancar, sekadar berjalan berdua menapak pasir maupun duduk-duduk malas menunggu matahari terbenam. Sementara yang lainnya memposisikan Tanah Lot sebagai tempat paling romantis untuk berbincang hingga matahari semburat jingga, terbenam.
 
Sedangkan yang gemar berolahraga paralayang dan jet ski, menjadikan Pantai Nusa Dua sebagai pilihan para penggemar olahraga udara dan air tersebut. Rasa-rasanya, semua wisatawan mengidolakan Bali dan pantai-pantainya. Padahal, Bali tidak hanya indah karena pantai-pantai eloknya. Ada tempat lain yang tak kalah permai nan menawan, yakni Bedugul.

Apa yang menarik dari Bedugul?
Bedugul, kota kecil yang berjarak 18 kilometer dari Kota Denpasar, ibukota Provinsi Bali itu, berada 1.500 meter di atas permukaan air laut. Karenanya udara di kawasan ini terasa lebih sejuk dan suhu di siang hari terik berkisar antara 25 derajat Celsius. Sungguh suhu yang menyenangkan dibanding suhu rata-rata di kota-kota besar di Indonesia yang berkisar 33 derajat celsius.
bedugul Bedugul   Kebun Raya 
Barangkali Anda sering melihat kartu pos bergambar pura yang dikelilingi air. Itulah antara lain yang bisa dinikmati di Bedugul. Pura tersebut adalah Pura Ulun Danu yang terletak di Danau Bratan Bedugul. Untuk mencapai pura tersebut, memang harus dengan perahu atau rakit. Tetapi, bila air danau sedang surut, kita bisa menapak anak tangga menuju pura.

Di danau tersebut, kita juga bisa melakukan olahraga paralayang dan sejenak berperahu mengelilingi danau, menikmati pemandangan danau nan bersih dan indah. Oh...asyiknya. Selain Danau Bratan sebagai lokasi wisata, Bedugul juga memiliki Kebun Raya Bedugul yang berisi aneka pepohonan tua. Kebun raya itu tertata sangat rapi, juga bersih dengan hamparan rumput hijau yang terawat, dan dari kebun raya ini, kita bisa melihat pemandangan Danau Bratan yang begitu indah, tenang dan adem.
 
Pohon-pohon jeruk tersebut tidak hanya ditanam di ladang yang memang dikhususkan untuk menumbuhkembangkan pohon jeruk, tetapi juga ditanam di pekarangan rumah. Fenomena seperti itu, sama dengan yang kita temui di Kota Batu Malang Jawa Timur, yakni kita bisa menjumpai pohon apel di pekarangan rumah. Demikian pula halnya dengan pohon jeruk di Bedugul, bagi yang menyukai pemandangan buah jeruk bergantungan di pohon, pemandangan seperti itu bisa ditemui di pekarangan rumah penduduk, pun pekarangan yang sempit sekalipun.

Hasil Pertanian
Kita juga bisa menjumpai aneka sayur dan buah-buahan hasil pertanian Kota Bedugul, di Pasar Bedugul. Pasar tradisional tersebut bahkan tidak cuma menyediakan hasil pertanian antara lain aneka sayuran, kopi dan vanila, tetapi juga aneka bunga nan indah dan berbau wangi semerbak, yang juga dibudidayakan di Bedugul. Hal itu karena iklim di Bedugul memang sangat mendukung mekarnya tanaman bunga. Suhu udara yang sejuk dan sinar matahari yang cukup, menjadikan aneka bunga tumbuh subur dan mekar, baik tanaman bunga itu dirawat maupun dibiarkan tumbuh liar di pinggir-pinggir jalan.
 
Bagi mereka yang ingin membeli oleh-oleh khas Bali, seperti lukisan, aneka barang seni dan kerajinan, baju barong juga kain pantai, pasar tradisional Bedugul juga menyediakan barang-barang tersebut. Harganya pun bersaing dengan harga barang-barang seni yang ada di Pasar Sukowati Tabanan Bali yang kondang itu. Kuncinya cuma satu saat berbelanja di pasar ini, berani menawar harga. Namun umumnya, penjual di pasar tersebut tidak terlalu 'sadis' dalam mematok harga.

Bagi penggemar olahraga golf, Bedugul memang menjadi prioritas utama berlibur ke Pulau Bali. Bermain golf di tempat yang sejuk dan segar, tentu lebih menyenangkan ketimbang di area yang panas, kering dan gerah. Tempat bermain golf yang oke di kawasan Bedugul adalah Bali Handara Kosaido. Di tempat ini, Anda tidak cuma bisa bermain golf, tetapi juga bisa menginap di tempat yang menyediakan bungalows itu.

Tempat dimaksud sangat menyenangkan bagi mereka yang menyenangi udara pegunungan. Bangun pagi, menatapi sirnanya kabut, menghirup udara segar, ditemani secangkir teh hangat dan sepiring kecil pisang goreng dengan siraman vla manis. Aduh......nikmat sekali. Bali Handara ini selain cocok menjadi tempat berbincang dan menikmati alam, juga berolahraga alam seperti trekking dan hiking. Kawasan ini memang dikepung aneka pepohonan besar dan padang rumput yang indah terawat.

Melihat hijau segar daun pepohonan hingga selepas tengah hari dan kabut yang beranjak turun menutupi pucuk-pucuk pepohonan yang mengepung area resort tersebut, merupakan sesuatu yang menawarkan romansa tak terlupakan. Obrolan pun menjadi kian intens dan hangat hingga larut malam. Tempat tersebut memang cocok sebagai tempat berdiskusi dan berbagi pendapat.

Apakah Bedugul cuma selesai di salah satu holes di tempat golf itu? Tentu tidak, never ending in Bali and so is Bedugul. Beberapa kilometer melaju meninggalkan kawasan Bali Handara, Anda akan bisa menemui areal perkebunan strawberry di kawasan Desa Pancasari. Suasananya mungkin sama dengan areal perkebunan strawberry di Ciwedey, Bandung Selatan Jawa Barat, tetapi setidaknya, inilah Bali dengan beberapa hasil perkebunannya.

Di Desa Pancasari tersebut, para pengunjung juga bisa memetik langsung buah strawberry dari pot-pot yang disusun di rumah plastik. Puas memetik strawberry dan masih ingin menikmati pemandangan Bedugul lainnya, Anda tinggal mencari jalanan paling tinggi, keluar dari mobil dan melayangkan pandangan ke seluruh Bedugul. Danau Bratan, pepohonan dan deretan terasiring, yang terapit beberapa rumah berdesain Bali, 


Baca Artikel lainya:

0 komentar:

Posting Komentar