cara memilih buah durian bannerfans_36599691

Minggu, 06 Mei 2012

cara memilih buah durian


durianya-akiryo-heck-in.jpg
tentanya sahabat bloger banyak penyukai buah yang menurut saya menantang untuk dinikmati..

kali ini saya akan berbagi tips-tips cara memilih buah durian biar gak tertipu sama pedagang yang ngaku-ngaku pagangannya manis alias gak busuk.


Walaupun musim durian baru aja berlalu biar sobat-sobat penggemar buah durian ngga kecewa dalam memilih durian di musim depan, nih saya punya cara-cara memilih durian yang baik, enak dan maknyuzzz...

Sebelumnya sekedar info ya Sob... di indonesia durian dipanen kalau sudah jatuh dari pohon, artinya durian tersebut sudah matang. Tetapi durian yang jatuh dari pohon itu juga tidak bisa langsung dikonsumsi, harus ditunggu dua hari karena masih atoz (jawa:keras) dan mengkel. Nah apabila durian jatuh pohon langsung dibuka, sebenarnya ada kerenyahan yang dapat dirasakan lidah. Kalau orang Indonesia kan lebih suka durian yang lembek atau dah bener-bener matang sedangkan orang Thailand lebih suka ada gurih dan kriuk-kriuknya 



, makanya di Thailand kalau durian jatuh langsung dibelah dan dimakan sekulit-kulitnya.

Berikut Cara Memilih Durian yang Enak dan Maknyus:


Lihat dari durinyaDurian berkualitas baik diketahui dengan melihat durinya yaitu durian yang durinya besar dan longgar, daging buahnya lebih kering dan rapat. Sedangkan duri yang rapat, dagingnya lebih lembek. Karena kalau rapat, berarti kelembapan lebih tinggi.

Lihat dari Bentuk Buahnya
Bentuk buah durian juga memerlihatkan kualitasnya. Apabila bagian atas agak gendut, berarti buah tersebut jatuh dari pohon dan sudah matang. Durian yang semakin ringan (1-2 kg), maka semakin matang. Kemudian, durian yg daging buahnya penuh, bisa dilihat dari bentuknya yang sempurna, tidak ada tonjolan di mana-mana.

Dari Suara Buah Durian

Durian matang dan baik suaranya berbeda. Durian matang, bila ditepuk suaranya seperti suara kosong.


Baca Artikel lainya:

0 komentar:

Posting Komentar