hewan-hewan yang bisa menggunakan peralatan seperti manusia bannerfans_36599691

Sabtu, 19 Mei 2012

hewan-hewan yang bisa menggunakan peralatan seperti manusia

Aneh2 dan Unik2 - Para ilmuwan pernah berpikir tentang menggunakan alat sebagai ciri manusia, tetapi penelitian semakin menunjukkan penggunaan alat dengan mahir di darat, laut, maupun udara dalam kerajaan hewan. Penyelidikan dalam penggunaan ini mungkin dapat menjelaskan bagaimana penggunaan alat yang mungkin berasal dari manusia.


Simpanse

Simpanse adalah kerabat terdekat manusia, dan tampaknya belajar bagaimana membuat dan menggunakan alat-alat lama tanpa bantuan manusia, dengan palu batu yang ditemukan di permukiman simpanse di Pantai Gading sejak 4.300 tahun. Mereka bahkan mampu membuat tombak untuk memburu hewan primata lainnya untuk daging, dan dikenal telah mengembangkan peralatan khusus untuk mencari semut tentara sebagai makanannya.




Burung Gagak



Para ilmuwan menemukan bahwa gagak dan kerabat mereka memiliki kecerdasan yang luar biasa, terbukti sangat mahir dengan ranting, memasukkan dan mengeluarkan daun dan bahkan bulu mereka sendiri ke dalam wadah. Para peneliti bahkan menemukan bahwa gagak bisa belajar untuk menjatuhkan batu untuk meningkatkan ketinggian air.


Orangutan

Orangutan di alam liar telah mengembangkan cara untuk membuat peluit improvisasi dari bundel daun, yang mereka gunakan untuk membantu mengusir predator. Ini tampaknya menandai kali pertama seekor hewan telah dikenal untuk menggunakan alat untuk membantu berkomunikasi, dan mounting.




Gajah

Gajah adalah salah satu hewan yang paling cerdas di dunia , dengan otak lebih besar daripada setiap hewan darat lainnya. Mereka bisa menyumbat lubang air dengan bola untuk menjaga hewan lain agar tidak minum dari saluran air tersebut. Gajah Asia bahkan dikenal secara sistematis memodifikasi cabang belalainya untuk memukul lalat.





Lumba-lumba



Lumba-lumba yang terkenal sebagai si pemikir di laut, dan ilmuwan baru-baru ini menemukan mereka dapat menggunakan alat juga. Sekelompok lumba-lumba botol di Shark Bay, Australia, membawa spons laut di paruh mereka untuk mengaduk pasir di bawah laut dan menangkap mangsanya, menghabiskan lebih banyak waktu berburu dengan alat daripada hewan selain manusia.



Berang-berang laut

Berang-berang laut, anggota terbesar dari keluarga musang, menggunakan batu untuk memecah cangkang keras kerang abalon, membuat mereka dikenal sebagai satu-satunya mamalia laut selama beberapa dekade, sebelum diketahui tentang lumba-lumba.


Gorila

Gorila yang kuat sekitar 10 kali lebih kuat dari seorang pria dewasa, mereka memiliki kecerdasan juga. Gorila liar dikenal menggunakan cabang sebagai tongkat untuk menguji kedalaman air dan batang dari semak-semak sebagai jembatan darurat untuk menyeberangi dalam rawa. Sementara kera besar lain sebagian besar menggunakan alat untuk membantu mendapatkan makanan, gorila tampaknya menggunakannya untuk membantu mereka mengatasi lingkungan sekitar mereka.




Gurita



Gurita yang menggunakan batok kelapa sebagai baju besi portabel. Gurita berurat ternyata menggunakan belahan tempurung kelapa, duduk di atasnya, membuat tangan delapan kaku seperti panggung, dan kemudian melesakkan seluruh tumpukan di dasar laut, menggunakannya untuk tempat tinggal nanti bila diperlukan. Temuan baru ini ternyata contoh pertama yang dilaporkan dari invertebrata yang mengakuisisi alat untuk digunakan.


Kera

Kera yang tinggal di dekat sebuah kuil Buddha di Lopburi, Thailand, diketahui mencabut rambut dari pengunjung untuk digunakan sebagai benang untuk membersihkan mulut mereka dengan menyentak rambut bolak-balik antara gigi mereka, menunjukkan pendidikan merupakan sifat yang sangat kuno dalam garis keturunan primata.





Hewan Pengerat



Bahkan tikus dapat diajarkan bagaimana menggunakan alat. Degus, tikus kecil berhubungan erat dengan Chinchilla, dapat diajarkan bagaimana menggunakan garpu untuk mendapatkan makanan.


Sumber :
http://www.ceritadisini.com/2011/06/10-hewan-cerdas-yang-mampu-


Baca Artikel lainya:

0 komentar:

Posting Komentar