Top 10 Jembatan Terpanjang di Indonesia bannerfans_36599691

Tuesday, May 22, 2012

Top 10 Jembatan Terpanjang di Indonesia


embatan adalah suatu infrastruktur yang mau tidak mau harus dimiliki oleh suatu negara. Tujuan dibangunnya jembatan-jembatan tersebut adalah untuk mempermudah aktivitas masyarakat, mempercepat pembangunan, memperpendek jarak tempuh dan lain sebagainya. Berikut ini adalah 10 jembatan terpanjang di Indonesia.
The Bridge

10. Jembatan Kahayan (640 meter)

Jembatan Kahayan memiliki panjang 640 meter yang merupakan salah satu jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan yang sudah berdiri lebih dari 16 tahun (dibangun tahun 1995) ini menghubungkan kota Palangkaraya dengan kabupaten Barito dan diresmikan tahun 2002 oleh Megawati Soekarnoputri.
Kahayan Bridge, is one of the longest bridge in Indonesia.

9. Jembatan Kutai Kartanegara (710 meter)

Jembatan yang baru saja runtuh pada tanggal 26 November 2011, adalah salah satu jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan Kutai Kartanegara memiliki panjang 710 meter yang terbentang di atas sungai Mahakam. Jembatan Kutai Kartanegara menghubungkan kota Tenggarong (kecamatan Tenggarong Seberang) dengan kota Samarinda (ibu kota provinsi Kalimantan Timur). Jembatan yang dijuluki dengan Golden Gate ini adalah kebanggaan masyarakat Kalimantan, namun sayang belum ada 10 tahun berdiri kini jembatan ini telah ambruk beberapa hari yang lalu.
Kutai Kartanegara Bridge, is one of the longest bridge in Indonesia.

8. Jembatan Rumpiang (753 meter)

Jembatan Rumpiang dengan panjang 753 meter merupakan salah satu jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan ini berdiri kokoh dan membentang melintasi Sungai Barito di Kota Marabahan. Kehadiran Jembatan Rumpiang bagi masyarakat Kalimantan Selatan dimanfaatkan sebagai objek wisata baru dengan pemandangan Sungai Barito yang indah.
Bridge Rumpiang, is one of the longest bridge in Indonesia.

7. Jembatan Mahakam Ulu (789 meter)

Jembatan Mahakam Ulu adalah merupakan salah satu jembatan terpanjang di Indonesia, juga melintasi sungai Mahakam sepanjang 789 meter. Jembatan Mahakam Ulu dibangun sebagai sarana penghubung kelurahan Loh Buah dengan kelurahan Sengkotek, Samarinda Seberang (Kalimantan Timur). Jembatan ini diresmikan pada tanggal 15 Juli 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Mahakam Ulu Bridge, is one of the longest bridge in Indonesia.

6. Jembatan Dondang (840 meter)

Masih di pulau Kalimantan, Jembatan Dondang menghubungkan Kecamatan Muara Jawa dengan Kecamatan Sanga-Sanga Kabupaten Kutai Kartanegara adalah salah satu jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang 840 meter. Diresmikan pada tahun 2004 dan merupakan alternatif penghubung antara Kota Samarinda dengan kota Balikpapan dengan jarak tempuh lebih pendek jika ditempuh dengan jalan darat.
Dondang Bridge, is one of the longest bridge in Indonesia.

5. Jembatan Barito (1.082 meter)

Jembatan Barito diresmikan pada tahun 2007 merupakan salah satu jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang 1.082 meter. Jembatan Barito dibangun untuk menghubungkan antara tepi barat sungai Barito (di Kecamatan Anjir Muara) dengan tepi timur Sungai Barito (di Kecamatan Alalak, Kalimantan Selatan)
Barito Bridge, is one of the longest bridge in Indonesia.

4. Jembatan Ampera (1.117 meter)

Jembatan Ampera adalah salah satu jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang 1.117 meter. Jembatan Ampera merupakan jembatan kebanggaan masyarakat dan menjadi ikon Kota Palembang. Jembatan Ampera membentang di atas sungai Musi yang menghubungkan antara daerah Seberang Ulu dan daerah Seberang Ilir, uniknya jembatan ini berada ditengah-tengah Kota Palembang yang indah.
Ampera Bridge, is one of the longest bridge in Indonesia.

3. Jembatan Barelang (2.264 meter)

Jembatan Barelang merupakan salah satu jembatan terpanjang yang membentang sejauh 2.264 meter. Jembatan ini menghubungkan tiga pulau, yaitu Pulau Batam,Pulau Rempang dan Pulau Galang dan merupakan rangkaian dari enam jembatan (termasuk di dalamnya Jembatan Teuku Fisabilillah) yang jika dihubungkan dapat mencapai lebih dari 2 km. Kontruksi Jembatan Barelang mirip dengan golden gate di San Fransisco dengan banyaknya kabel-kabel stayed yang terhubung dengan dua pilar utama, yang menjadikan jembatan ini terlihat megah.
Barelang Bridge, is one of the longest bridge in Indonesia.

2. Jembatan Pasupati (2.800 meter)

Jembatan kebanggaan dan lambang Kota Bandung ini membentang sejauh 2.800 meter. Jembatan Pasupati menghubungkan Jalan Terusan Pasteur dengan Jalan Surapati dan melewati lembah Cikapundung. Jembatan ini dibangun untuk memecah kemacetan di wilayah Bandung bagian utara. Meskipun sempat terhambat dengan berbagai kendala namun akhirnya Jembatan Pasupati (kependekan dari Pasteur dan Surapati) selesai pada tanggal 26 Juni 2005.
Pasupati Bridge, is one of the longest bridge in Indonesia.

1. Jembatan Suramadu (5.438 meter)

Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan terpanjang di Indonesia yang menghubungkan Pulau Jawa (berada di Surabaya) dengan Pulau Madura (di Bangkalan) dan membentang di atas Selat Madura. Jembatan ini terdiri dari tiga bagian yaitu jembatan penghubung, jembatan utama dan jalan layang. Jembatan ini dibangun sebagai infrakstruktur yang dapat mempercepat laju pertumbuhan dan pembangunan di Pulau Madura, yang selama ini hanya dapat ditempuh melalui transportasi laut. Jembatan Nasional Suramadu mulai dibangun tahun 2003 dan selesai tahun 2009.
Suramadu Bridge, the longest bridge in Indonesia.
sumber


Baca Artikel lainya:

0 komentar:

Post a Comment