makanan khas pekalongan bannerfans_36599691

Sabtu, 24 Maret 2012

makanan khas pekalongan

Mempunyai makanan khas yang menjadi ciri kota ini Yaitu
 Megono



Megono. 

Megono adalah salah satu jenis kuliner dari Bumi Batik tidak afdol kalaw ke pekalongan gak mencoba makanan khas pekalongan yaitu megono ,  Secara umum, megono adalah makanan untuk teman makan nasi, sejenis sayuran tapi tidak memakai kuah, dengan bahan utama buah nangka muda yang dicacah lembut, dengan adonan bumbu khas ( berhubung aku cuma penikmat, bukan pembuat megono, aku tidak bisa menjelaskan proses pembuatannya secara rinci).

Megono paling enak dinikmati bersama nasi, mendoan, dan paling penting sambel, disajikan hangat. That was most delicious food in the world, i think :) di Pekalongan, di seluruh kolong Bumi Batik, dan di mana saja ada ruang yang bisa ditempati di belahan Kota Santri (terlalu bombastis apa tidak ya?), berjejer warung lesehan dengan menu utama sego bumbu (ini nama lain untuk nasi plus megono). Biasanya mulai dasar (bahasa Pekalongan untuk menyebut menanta barang dagangan) setiap sore menjelang petang dan nanti laut (mulai mengemasi barang dagangan dan bersiap pulang) menjelang tengah malam.
 




cara membuatnya pun sangat simpel 

Cara Membuat
  1. Nasi liwet: masukkan semua bahan nasi liwet ke dalam panic, tutup , masak sampai air habis. Aduk, tutup panic dan masak dengan api kecil sampai nasi tanak. Angkat.
  2. Urapan nangka: campur bumbu urap yang sudah dihaluskan dengan kelapa parut, daun jeruk, dan daun salam, aduk rata, kukus selama 25 menit angkat. Campur dengan nangka dan kacang panjang, aduk rata, sisihkan.
Waktu dulu jadi anak kost, kalo temen2 lain dibekalin oleh mamanya abon, teri, dan makanan kering lainnya; kalau mamaku selain abon juga suka mbekelin Megono. Tinggal taro di lemari es, kalo mau makan dipanasin. Atau kalau malas, tinggal makan pake nasi panas.. terus tambah kerupuk; jadilah makanan anak kost yang sedap banget.. 


Baca Artikel lainya:

0 komentar:

Poskan Komentar