Cara membuat donat bannerfans_36599691

Minggu, 25 Maret 2012

Cara membuat donat

Cara membuat donat 



















– Makanan yang satu ini pasti sudah tidak asing di lidah anda karena kelezatannya yang tidak kalah jauh dengan roti yang lainnya. Banyak orang mengatakan cara membuat roti donat tidaklah sulit atau bisa disebut tahapan awal untuk para pembuat roti. Walaupun disebut begitu namun untuk roti donat sampai saat ini sudah banyak fariasinya. Nah bagi anda yang dalam pembelajaran sebaiknya simak cara-cara berikut untuk membuat roti donat.
Sebelum membuat roti donat sebaiknya persiapkan beberapa bahan yang akan digunakan untuk pembuatan roti donat. Untuk bahannya sebagai berikut :
- 500 gram tepung terigu
- 125 gram gula halus
- 125 gram mentega
- 1/2 sdm fermipan
- 1/2 sdm baking powder
- 1/2 sdt garam
- 1 gelas susu
- 2 butir kuning telur
Nah jika anda sudah menyiapkan semua bahan tersebut, namun bahan tersebut hanya untuk pemula agar nanti jika gagal anda tidak membuang banyak bahan. Akan tetapi jika anda sudah mahir dalam membuat roti anda bisa melipatkan banyaknya bahan-bahan di atas. Dan perlu di ingat bahwa cara yang kami berikan merupakan dasar dan belum di kasih tambahan lainnya. Untuk tambahannya nanti di akhir pembuatan anda bisa menambahkan coklat, keju atau yang lainnya.
Cara membuat :
- Campurkan tepung terigu dengan garam, fermipan dan baking powder aduk rata sampai benar-benar tercampur semua lalu buatlah adonan tersebut berbentuk seperti waduk (dibuat lubang tengahnya) hal tersebut digunakan untuk menampung adonan selanjutnya.
- Jika adonan di atas sudah selanjutnya anda buat adonan lagi dari mencampurkan gula halus dengan kuning telur kocok hingga berbusa. Jika sudah siap masukkan adonan telur ini ke dapam adonan tepung terigu tadi yang sudah di beri lubang untuk menampung adonan telur.
- Jika sudah aduk adonan tersebut pelan-pelan sambil di beri sedikit demi sedikit mentega cair dan susu aduk terus hingga benar-benar tercampur merata semua.
- Kalau sudah tercampur uleni adonan tersebut hingga kalis.
- Banting-banting adonan yang sudah siap beberapa kali lalu diamkan dengan menutupnya pakai kain basah sekitar 30 menit agar adonan mengembang.
- Jika adonan sudah mengembang bentuk adonan tersebut bulat dan berlubang tengahnya namun jangan besar-besar buatlah beberapa donat dari adonan tersebut lalu diamkan lagi agar mengembang.
- Untuk bagian akhir jika adonan sudah setengah jadi selanjutnya menggorengnya di wajan yang penuh minyak goreng (seperti saat menggoreng krupuk) hingga berwarna kecoklatan atau tandanya sudah matang.


Baca Artikel lainya:

0 komentar:

Poskan Komentar