Air Terjun Terbesar Di Dunia bannerfans_36599691

Wednesday, March 21, 2012

Air Terjun Terbesar Di Dunia


Disebabkan saya sangat sukakan air terjun, malam ni saya nak update entri pasal air terjun terbesar di dunia. Entah bila saya akan sampai ke sana tak tahulah..hehehehe..

1) AIR TERJUN VICTORIA
Mosi-oa-Tunya adalah nama yang biasa dipergunakan penduduk setempat, sementara nama Victoria Falls diberikan oleh orang-orang Eropa di kemudian hari. Air terjun ini memiliki lebar 1.7 kilometer dan ketinggian sebesar 108 meter (360 kaki), membentuk lapisan air terjun terbesar di dunia. (FYI niagara lebarnya sekitar 1.2 km). Victoria Falls adalah salah satu atraksi turis paling utama di Afrika, dan merupakan UNESCO World Heritage Site. Air terjun ini sebenarnya dimiliki bersama-sama baik oleh negara Zambia ataupun Zimbabwe, dan masing-masing negara memiliki taman nasional untuk menjaganya sekaligus menjadi pusat turisme, yaitu Taman Nasional Mosia-oa-Tunya dan Livingstone di Zambia, dan Taman Nasional Victoria Falls di Zimbabwe.
Air terjun Victoria Yangg terletak Di antara Zambia dan Zimbabwe




2) AIR TERJUN NIAGARA
Niagara adalah air terjun besar di sungai Niagara yang berada di garis perbatasan internasional antara negara bagian Amerika Serikat New York dengan provinsi Kanada Ontario. Air terjun ini berjarak sekitar 17 mil (27 km) sebelah utara barat laut dari Buffalo, New York dan 75 mil (120 km) tenggara Toronto, Ontario.

Niagara adalah nama kelompok dari tiga air terjavascript:void(0)jun. Ketiga air terjun tersebut adalah air terjun Horseshoe (kadang-kadang disebut sebagai air terjun Kanada), air terjun Amerika, dan yang lebih kecil yakni air terjun Bridal Veil yang dipisahkan oleh sebuah pulau bernama Luna Island dari air terjun utama.

Meski tidak terlalu tinggi, Niagara merupakan air terjun yang sangat lebar dan terpopuler di dunia. Lebih dari 6 juta kaki kubik (168.000 m3) air per menit dijatuhkan dan ini merupakan air terjun yang paling kuat di Amerika Utara. 







3) AIR TERJUN IGUAZU
Air terjun Iguazu terletak di sungai Iguazu yang memisahkan dua negara, yaitu Brazil dan Argentina. Air terjun ini telah diakui oleh UNESCO sebagai situs warisan alam yang indah. Waktu yang bagus untk mengunjungi air terjun ini adalah pada saat musim hujan ketika jumlah air sangat tinggi. Kita bisa berselancar dan berpetualang arum jeram. Anda berminat ? 





4) AIR TERJUN GUAIRA


Kecepatan aliran rata-rata 470.000 cu ft/s (13.000 m3/s)
Air Terjun Guaira adalah serangkaian air terjun besar di Sungai Parana sepanjang perbatasan antara Brasil dan Paraguay. Air terjun ini sebenarnya tidak lagi ada, terendam pada tahun 1982 oleh proyek bendungan Itaipu. Derasnya air yang mengalir di air terjun ini bervariasi, angka yang dipublikasikan mulai dari 470.000 kaki kubik (13.000 m3) per detik hingga 1.750.000 kaki kubik (50.000 m3) per detik, sehingga laju aliran air Guaira adalah yang terbesar di dunia. Deru air terjun yang dihasilkan bisa didengar hingga 20 mil jauhnya.


5) AIR TERJUN PLITVICE

Plitvice Lakes, atau Danau Plitvice, disebut-sebut sebagai danau paling indah di Eropa. Danau ini terletak di Kroasia. Keindahan danau ini membuatnya menjadi salah satu situs pariwisata tertua di eropa. Terdapat 16 danau di Plitvice lakes Nasional Park.

Danau-danau ini dikelilingi oleh tiga gunung. Hal ini menyebabkan danau pemandangan danau ini memiliki berbagai macam warna, seperti hijau, abu-abu, biru, dan sebgainya. Warna-warna ini dapat berubah-ubah sesuai musim dan kuantitas moineral yang terdapat di dalamnya. Fokus cahaya matahari pada flora dan fauna juga dapat memperngaruhi gradasi warna yang terbentuk. 





Baca Artikel lainya:

0 komentar:

Post a Comment