CURUG CINDE bannerfans_36599691

Wednesday, February 29, 2012

CURUG CINDE


CURUG CINDE


       Curug cinde atau air terjun cinde merupakan salah satu objek wisata alamiah yang terdapat di kecamatan Lebakbarang tepatnya di desa Depok. Desa Depok sendiri kira – kira 24 Km dari Kecamatan Karanganyar, selama perjalanan menuju objek wisata ini kita akan disuguhi pemandangan alam yang sangat mempesona dan masih asri, mulai dari perjalanan melewati tengah hutan yang penuh dengan suara serangga – serangga serta jalan pegunungan yang berkelok – kelok dan juga penuh dengan tanjakan serta turunan dan gemericik suara air sungai hingga suasana alam pedesaan khas daerah pegunungan beserta sederetan kehidupan masyarakatnya.
Perjalanan menuju curug Cinde dapat ditempuh dengan sepeda motor ataupun bisa menumpang menggunakan kendaraan mobil bak terbuka atau masyarakat setempat biasa menyebut dengan sebutan mobil “doplak”. Untuk menuju curug Cinde yang terletak di kecamatan lebakbarang tepatnya di desa Depok bila dari pekalongan anda bisa menggunakan jasa bus ataupun angkutan pedesaan dari terminal pekalongan silahkan naik bus atau angkutan pedesaan jalur (menuju) Karanganyar, dari perempatan Karanganyar tepatnya di depan kantor kecamatan Karanganyar atau dari pasar Karanganyar bisa menggunakan mobil bak terbuka atau biasa disebut“doplak”menuju kecamatan Lebakbarang ataupun bisa langsung menuju desa Depok dengan jarak kira – kira 10 Km dari kota kecamatan Lebakbarang. Perjalanan dari Karanganya menuju Kecamatan Lebakbarang juga melalui jalan desa Lolong, yaitu sebuh desa yang terkenal dengan penghasilan duriannya bila musim durian datang, jadi bila kita ingin sekedar mampir dan menikmati nikmatnya durian Lolong (begitu biasanya masyarkat Pekalongan menyebutnya), Anda dapat singga sebentar sambil melepas lelah perjalanan. Dari desa Depok perjalanan ke curug Cinde hanya masih dapat ditempuh dengan perjalanan kaki karena perjalanan menuju lokasi curug Cinde sendiri masih harus ditempuh melalui jalan setapak. Meskipun perjalanan yang kita lewati sebelum sampai ke lokasi air terjun adalah jalan setapak namun pemandangan yang disuguhkan selama kita berjalan menuju lokasi curug Cinde bisa menjadi salah satu





Lokasi curug Cinde memberikan kita pemandangan yang khas daerah pegunungan, bebatuan besar dan berserakan dimana-mana khas daerah jalur air, pepohonan tinggi yang menjulang ke angkasa, suara gerasnya air terjun berjatuhan dari tebing yang tinggi. Selain menikmati indahnya ciptaanTuhan yang terletak di desa yang berbatasan langsung dari kabupaten Banjarnegara ini kita pun dapat menikmati alam pedesaan yang masih sangat asri. Masih terdapat beberapa pembangkit listrik tenaga air (kincir air) yang digunakan oleh warga depok khususnya untuk memenuhi kebutuhan penerangan sehari – hari mereka. Selian itu kita pun dapat menikmati hijaunya pemandangan sawah yang baru akan menguning ataupun sekedar mampir dan sowan ke rumah penduduk desa dan ramah – ramah untuk sekedar mampir ngombe (mampir minum) kopi khas Lebakbarang, yaitu kopi buatan sendiri yang cara pembuatanya masih ditumbuk menggunakan alat penumbuk tradisional yang juga merupakan salah satu hasil mata pencaharian para penduduk kecamatan Lebakbarang bila musim panen telah tiba.




 











Baca Artikel lainya:

0 komentar:

Post a Comment